Melek Digital untuk Startup Business

Globalisasi tidak dapat dibendung lagi, persaingan bisnis kian kentara, persaingan teknologi kian pesat. Dampak globalisasi mau tidak mau kita harus siap menghadapinya, karena kalau kita tidak peduli dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang, justru kita sendir yang akan ketinggalan.

 

Bagaimana tidak, contoh kecil yang sering terjadi belakangan ini banyak sekali kasus ABG yang diculik orang yang tidak dikenal gara-gara anak-anak jaman sekarang sering bermain-main dengan Facebook, Mereka terlena dengan kemudahan perangkat yang satu ini, apalagi dapat di akses dengan Handphone yang kian hari contain atau fitur Handphone jaman sekarang semakin lengkap dan  canggih padahal harganya tidak terlalu mahal.

Dengan keberadaan alat-alat seperti itu kita sebagai manusia yang hidup di era informasi mau tidak mau harus bisa mengimbangi anak-anak jaman sekarang, kalau tidak bisa-bisa kit dibohongi mentah-mentah.

Pemaparan di atas adalah contoh yang kurang baik dari segi era digital seperti facebook, padahal banyak nilai positifnya dari keberadaan teknologi yang serba digital tersebut. Banyak dimasa kini orang-orang kreatif memasarkan product nya dengan memakai sarana digital seperti facebook atau twitter atau bahkan yang lebih maju lagi seperti blog. Manfaat dari media sosial tersebut sebenarnya banyak sekali.

Untuk masyarakat di perkotaan hal tersebut mungkin bukan barang langka lagi, tapi bagi masyarkat yang berada didaerah hal tersebut menjadi barang langka dan mungkin tidak mengenal media seperti itu. Mungkin istilah seperti facebook, twitter atau blog mereka pun sering dengar tapi untuk mereka istilah-istilah tersebut adalah bahasa yang tidak mudah dimengerti dan apa fungsinyapun mereka belum begitu paham.

Tapi perlu disyukuri karena pemerintah dalama hal ini Menkoinfo dewasa ini membuat terobosan baru dengan programnya Internet masuk desa dengan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK). Upaya pemerintah dalam menghadapi era global sudah mulai disiapkan sampai tingkat Kecamatan. Hal tersebut adalah upaya pemerintah bagaimana supaya masyarakat dilapisan tingkat kecamatan yang tidak mengenal teknologi internet mulai dikenalkan dengan teknologi yang satu ini, dengan harapan mereka dapat bersaing dengan Masyarakat lain di dunia luar sana.

Walaupun di tinkat kecamatan bahkan desa sekalipun masyarkat sudah saatnya  harus sudah melek teknologi, karena di era informasi dan globalisasi semua informasi dengan cepat dapat diakses oleh semua lapiisan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Keberadaan Internet dan Teknologi digital dan perangkatnya sangat besar manfaatnya bagi kemajuan dalam segala bidang, tidak terkecuali bidang agrobisnis. Bagi masyarakat pedesaan yang sumber penghasilannya berasal dari pertanian, mereka bisa mencari tahu bagaimana cara menanam hasil kebunnya dengan baik melalui internet, mereka pun bisa mencari calon pembeli melalui internet dengan memajang gambar dari hasil perkebunannya, sehingga pangsa pasarnya tidak terbatas.

Jadi untuk siapa saja dan dimana saja orangnya, melek digital harus dan perlu untuk menjadikan kita tambah pintar dan modal untuk memulai bisnis secara mendunia.

Peran provide pun sangat penting keberadaannya, karena infrastruktur dan sarana pendukung lainnya sangat menentukan sukses tidaknya teknologi ini dalam menunjang Bisnis Global. Keberadaan Provider dengan mudah diakses dan tarif murah tentu akan sangat membantu masyarakat dalam mewujudkan program ini.

Semoga provider-provider yang ada di Indonesia khususnya dapat menjadi jembatan bagi perkembangan dunia bisnis dan ” Melek Digital benar-benar menjadikan Startup Business ” bagi Lapisan Masyarkat yang paling kecil sekalipun.

Amiin…….

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s