Ngeblog merangsang kreativitas untuk mengasah imajinasi

Ngeblog

Ngeblog

Teknologi tanpa batas, itulah yang tepat dikatakan sebagai teknologi saat ini untuk dunia maya. Dari mulai anak TK sampai dengan Perguruan Tinggi untuk tingkat Pendidikan dan Masyarakat umum bahkan dilingkungan Rumah tangga sekalipun sudah sangat banyak yang memakai komputer. Tapi malahnya adalah komputer tersebut dipakai untuk keperluan apa. Untuk masyarakat awam komputer hanya dipakai sebagai pelengkap saja bahkan hanya dipajang disudut kamar meja belajar sebagai hiasan dan sesekali dipakai untuk memutar music dan main Game. Mereka yang lebih maju komputer dipakai sebagai sarana bisnis misalnya untuk rental komputer atau untuk rental sebagai warnet. Mungkin yang terakhir ini yang kebanyakan anak muda dipakai sebagai sarana untuk ” NGEBLOG “. Tapi untuk kalangan Atas, Komputer yang bisa acces internet sudah banyak dijumpai, tapi untuk kalangan menengah ke bawah dari pada pasang internet di rumah mendingan buat keperluan yang lain. Hal itu yang membuat bangsa ini ketinggalan dari segi teknologi maupun pendidikan. Tapi hal tersebut tidak bisa disalahkan, karena memang negara kita perekonomiannya sangat buruk, dan mereka wajar jika berpendapat seperti itu.

Kita balik lagi ke tema awal yaitu Ngeblog merangsang kreativitas untuk mengasah imajinasi, penulis merasa kalimat itu ada kaitannya karena sedikitnya dari menulis baik di blog maupun di dairy memerlukan kreativitas untuk menglolah kata sehingga menarik bagi yang membacanya nanti. Untuk membuat suatu tulisan, diperlukan imajinasi dan khayalan agar tulisan itu menarik dan memerlukan bumbu-bumbu yang segar sehingga menarik untuk dibacanya.

Bagi anak muda Bogor, ngeblob mungkin sesuatu yang sudah familiar karena mulai dari anak SMP sampai dengan Perguruan tinggi di beberapa sekolah sudah ada internet yang diperuntukkan bagi siswa atau mahasiswanya, atau banyak juga Warnet-warnet yang buka disekitar sekolah atau kampus mereka. Apalagi untuk kalangan Atas komputer sudah merupakan keperluan yang wajib ada dan bahkan bisa acces internet. Hal itu membuat informasi semakin dekat dengan kita, karena dengan ngeblog kita bisa share informasi bahkan ilmu. Banyak juga Blog-blog yang bertemakan comunitas yang diperuntukan kelompok-kelompok tertentu sehingga mereka yang tergabung dengan blog tersebut bisa saling berbagi dan bahkan ada acara copy darat antar sesama member blog tersebut.

Ada Beberapa type bloger dalam membuat tulisannya, ada yang hanya meng-copy artikel atau apapun kemudian di tempel di blognya sebagai archive dirinya, ada juga tulisan tangan si blog itu sendiri. Hal itu baik menjiplak maupun tulisan sendiri memerlukan pemikiran dan imajinasi agar tulisannya tampil dengan baik. Belum lagi si blogger perlu belajar tehnik-tehnik cara membuat blog, itupun tidak mudah sehingga apapun bentuk blog tersebut memerlukan kreativitas dan imajinasi yang kreative sehingga menjadi sebuah blog.

Kreativitas anak muda akan lebih terangsang jika ada acara semacam lomba blog dengan reword yang cukup menarik, hal itu akan memicu blogger-blogger dimana saja akan turut membuat blog dengan tema tulisan yang menarik dan sesuai dengan tema yang diinginkan panitia. Tapi kadang ada saja blog yang bertemakan tulisan-tulisan atau gambar bahkan video  jorok yang akan merusak moral bangsa ini. Kadang tidak bisa dipungkiri hal tersebut justru yang menjadi daya tarik bagi si blogger atau sipenikmat blog tersebut.

Salah satu pemenang lomba bertarap Internasional

Salah satu pemenang lomba bertarap Internasional

Tapi tidak sedikit Anak muda-anak muda bangsa ini yang prestasinya gemilang baik ditarap nasional maupun internasional. Mereka berprestasi di Bidang Fisika, Matematika, Komputer dan banyak lagi yang lainnya. Mereka bisa dijadikan motivasi buat kita, mereka bisa …., kenapa kita tidak. ?. Mungkin kita tidak sepintar mereka tapi yang penting kita ada niat untuk mencapai kearah itu, yang penting kita usaha dulu sebelum menyerah. Perjuangan yang kita lakukan untuk mengisi perjuangan para pejuang kita untuk menciptakan atau membuat sumpah pemuda, kita isi dengan berbagai aktivitas yang baik yang dapat menjadi harapan bangsa ini. Kita jangan berpangkutanagn dengan keterbatsan kita, kita harus cari gimana caranya kita supaya bisa cara seperti mereka. Jika punya keterbatasan dalan hal financial misalnya, cari lembaga yang bisa membiayai kegitan tersebut. Saat ini banyak sekali lembaga baik nasional maupun internasional yang menyalurkan beasiswa untuk anak-anak sekolah yang berprestasi. Yang terpenting dari kitanya ada kemauan tidak untuk meraih itu semua.

Komunitas Bloger Yogyakarta

CahAndong: Komunitas Bloger Yogyakarta

Disamping adalah salah satu Komunitas Bloger di Yogya yang namana ” CahAndong “, yang penulis ambil dari salah satu Image di google.

Bagi anak muda dimana saja berada, Untuk melatih kreativitas banyak hal yang dapat diperbuat, misalnya bagi yang suka olahraga basket buatlah Blog mengaenai Olah raga basket dan seluk beluknya, nanti dengan sendirinya mereka yang tertarik dengan dunia basket akan mengunjungi blog kamu dan bisa saling tukar pikiran. Atau jika senang berpetualanan, buat blog tentang mendaki gunung, atau apa saja yang penting aspirasi dan kegiatan selama aktivitas tersebut tercatat dan suatu saat nanti jika rindu akan hal tersebut bisa dibuka kembali itung-itung nostalgia.

Yang terpenting, ” Berbuatlah sesuatu yang lebih berati bagi bangsamu, jadilah  Subject yang kreatif dan jangan menjadi object dari suatu masalah “. Artinya jangan manjadi pusat permasalahan tapi jadilah penggagas dari pemecahan masalah tersebut.

Terakhir dari penulis, Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, ayo kita generasi muda berbuatlah sesuatu yang lebih berguna bagi bansa ini, Tularkan semangat patriotikmu demi kemerdekaan bangsa ini. Berbuatlah sesuatu sesuai dengan keahliannu, torehkan catatan hidup dan perjalanan karirmu melalui Blog, buat komunitas sesuai dengan bakat dan kemampuanmu, sehingga aspirasimu tidak mandul.

”  BRAVO BLOGER INDONESIA….., BRAVO BLOG BOGOR………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Salam dari Penulis

Trisprancis