BUDI DAYA JAMUR KARDUS

Keistimewaan Jamur Kardus

Keunggulan media jamur kardus sbb:cara pengolahannya singkat, hanya dgn disobek-sobek, direndam dengan air kapur selama 5 hari. Kardus siap di masukkan ke dalam kumbung atau rak. (tidak perlu dikomposkan seperti jamur dengan media jerami) produksi rata-rata bisa mencapai 6-7 kg, bahkan lebih, asalkan mengasu pada kunci keberhasilan produksi. jamur yang dihasilkan lebih kenyal, aromanya wangi, warna lebih putih.

Budidaya Dalam Kumbung

Pembuatan Kumbung Umumnya kumbung dibuat dari rangka bambu, dinding bilik bambu dan atap rumbia atau pakai dinding plastik. (kalau di saya pakai bilik tapi dalamnya pakai plastik, yang pasti kalau biayanya ingin murah mending pakai plastik rangka bambu, atapnya juga pakai plastik. Tapi harus dilindungi atapnya dengan memasang atap lagi) Ukuran kumbung yang ideal adalah lebar 4 meter, panjang 6 meter dan tinggi 3,5 meter.
Kumbung dapat diisi dengan 2 baris rak penanaman, panjang 5 meter, lebar 80 cm, serta terdiri dari 4-5 tingkat (tinggi antar tingkat 60 cm) Temperatur ruang di dalam kumbung dijaga pada tingkat 28-35 0C. Untuk menjaga suhu bisa dipasang lampu.

Penyiapan Media Bahan utama kardus (kalo pingin cepat cari di penampungan rongsok atau barang bekas, pilih kardus yang bagus)

bahan tambahan laiinya :

1. Pupuk NPK berfungsi sebagai unsur hara makro primer untuk merangsang pertumbuhan pada fase awal atau pertumbuhan vegetatif misalnya pertumbuhan akar.

2. Pupuk organik cair Biogan, berfungsi merangsang pertumbuhan jamu agar tumbuh buah besar dan kenyal, serta tumbuh serempak.

3. Dedak halus, sbg makanan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jamur.

4. Kapur, untuk menetralisasi kardus

5. tepung beras ketan 3 kg

6. Bonggol pisang (bukan batang)

7. Limbah sayuran dari tanaman kubis, bungkol, pecsai, caisin, dan kangkung. (minta aja di pasar gratis soalnya di buang)

8. arang sekam, sebagai pelapis akhir media, berfungsi menstabilkan suhu tempat tumbuh jamur

contoh: komposisi dalam satu kumbung dengan sistim 2 rak :

1. bibit 60 botol
2. Kardus 300 kg
3. bekatul atau dedak halus 75 kg
4. kapur 50 kg
5. arang sekam 15 karung
6. bonggol pisan 15 bonggol (75 kg)
7. Limbah sayur 10 karung
8. pupuk NPK 1 kg.

sebelum dilakukan penanaman

1. Sobek-sobek kardus hingga ukuran 5-10 cm rendam kardus dengan larutan kapur (45 kg kapur dalam air sampai semua kardus terendam) bak kolam berukuran 4×6 m yang dibuat dari terpal plastik, taburkan pupuk NPK dalam rendaman. Biarkan hingga 5 hari.

2. potong-potong bonggol pisang dan limbah sayuran hingga menjadi potongan kecil.

3. hancurkan bibit jamur dari botol, campurakan dgn tepung beras ketan.

Penanaman

1. Taburkan sisa kapur sebagai dasar media
2. Tuangkan media kardus yang sudah ditiriskan ke atas rak dalam kumbung. Bentuk media tersebut menjadi gundukan-gundukan dengan 30×30 cm dan tinggi 10 cm. tiap rak berjejer dua baris gundukan
3. taburkan setengah bagian campuran limbah sayuran dan bonggol pisan
4. lapisi kembali gundukan dengan media kardus setinggi 10 cm, lalu taburkan sisa dedak atau bekatul, bonggol pisang dan limbah sayuran. Media tanam terdiri dari dua lapisan media.
5. lakukan pasteurisasi untuk mensterilkan media dan ruangan dalam kumbung.
Dengan memasukkan uap panas (bersuhu 60-700C) selama 6-8jam. Untuk hasil yang lebih baik, ulangi pemanasan uap ini dengan suhu yang sama selama 4 jam. Saat dilakukan pasteurisasi, kumbung ditutup rapat. (caranya di sebelah kumbung di pasang 2 drum yang diberi air yang dipanaskan, uapnya dialirkan dalam kumbung, untuk menghemat bahan bakar air ditambah sedikit-sedikit)
6. Turunkan suhu sampai 300C dengan membuka jendela kumbung.
7. Tanam bibit jamur di media (2 botol /m2). Sebagian sebagian bibit dibenamkan dalam gundukan media. Sisanya ditaburkan merata di atas seluruh permukaan media.
8. taburu dengan arang sekam yang sudah dicampur dengan air dan pupuk organik biogan(tidak pakai biogan juga tidak apa2)
9. tutup rapat media yang sudah ditanami dengan plastik transparan.

Pemeliharaan

1. suhu ruang dijaga 28-350C
2. pada hari kelima, pada pukul 00.00-06, buka plastik penutup media dan jendela kumbung. Lalu semprot dengan 10 liter air cucian beras yang dicampur dengan 10 tutup biogan dengan bantuan hand sprayer (saya gak lakuin, ini menurut buku, tapi kalo penasaran coba aja.
3. selanjutnya setiap hari plastik dibuka selama 10 menit untuk menjaga sirkulasi udara. Dan atur supaya pada pukul 07.00-11.00 siang sinar matahari masuk dalam kumbung Paskapanen Jamur sudah dapat dipanen setelah berumur 10-14 hari sejak penanaman. Penen cisa dilakukan setiap hari sampai tanaman berumur sebulan. Jamur merang dipanen sebelum mekar, yaitu kancing stadium telur.

48 thoughts on “BUDI DAYA JAMUR KARDUS”

  1. Atur nuhun kang informasi jamur kardusnya,puentiiiing banget!! kalo di kardus teh bisa,mungkin yang laen juga bisa(lagi mikir niy ) (:

  2. maaf saya orang awam, koq banyak istilah yg banyak saya tidak ngerti dan belum paham benar.. mohon pencerahannya

    apakah tanpa bahan tambahan diatas, jamur merang tetap bisa tumbuh?
    pupuk npk itu apa sih?
    apa pupuk organik dari tai ayam?
    kapur yg dipakai kapur yg untuk nulis dipapan tulis atau kapur sirih mas?

  3. Saya mau budidaya jamur kardus di tangerang.Kalau ada yg minat juga kita bisa kerja sama kebetulan saya udah punya rumah jamurnya uk 4,5*8 mtr hub.081316371609(raden)

  4. saya mw tanya mas, kmrin2 saya mencoba mmbuat jamur dengan media kardus,hasilnya ckp bagus cma bnyak tmbh gulma itu penyebannya dari apa ya?
    sedangkang suhu kubung normal berkisar antara 30-35 c
    mohon penjelasannya????????thank’s

  5. kalau untuk wilayah bandung…dimana sih untuk pembelian bibit dan pupuk untuk budi daya jamur kardus…?
    saya mau usaha jamur kardus.terima kasih….

  6. Saya juga tertarik tanam jamur kardus, ada beberapa pertanyaan :
    1. Apakah bonggol pisang bisa diganti dengan bahan lain
    (karena daerah perkotaan susah cari bonggol pisang)
    2. Rumah saya di Bekasi, kalo ingin beli bibit dimana?
    tolong kasih alamatnya.

    Terima kasih.

  7. bagi para pemula tidak segampang membudidayakan jamur merang media kardus karena sebelum tau dan tingkat pengetahuan budidaya jamur jangan coba2 kalo tidak pengen rugi besar!!!!!!!!!!! bagi yang pengen tau lebih yang benar2 ingin melakukan budidaya jamur kardus hub 085229881110 bapak aryo ngawi jatim

  8. Mas Aryo ada webnya ngga atau ym biar bisa interaksi
    saya ingin tahu lebih dalem masalah budidaya jamur,
    soalnya hanya tau terorinya saja belum prakteknya

  9. bagaimana dengan pembuatan jamur kardus sekarang?? apa masih bisa dipasarkan dengan baik…??? krn kami butuh pemasaran yang mau membeli hasil panenan kami. karena kami hanya untuk kbutuhan makan sehari2 d rumah…

  10. sebelumnya saya ucapkan termaksih pak!tp saya msih kurang begtu paham,,,insAllah akan aku coba?tpi klo di ganti sama merang gimana pa msih bisa???trims,,,wasslm,,,

  11. mas, sy pernah beberapa kali membuat budidaya jamur merang. yg ingin saya tanyakan adalah “mengapa jamur saya membusuk dimusim hujan, padahal tidak disiram atau terkena percikan air karena atap sy dipakai asbes.temperatur juga stabil 23-28 derajat tq

  12. penuisan budidaya jamur tentunya sangat bermanfaat bagi bangsa ini, Sebaiknya cara budi daya jamur merang ini di perjelas lagi. Agar pembaca lebih mudah untuk memahami nya.

  13. Mas,saya baru nyoba nanam bibitnya tgl 11.03.10 tapi sampai hari ini kok masih belum tumbuh jamurnya.
    Maaf mas saya masih pemula mudah mudahan mas trisno bisa kasih masukan .Lokasi saya di Batam.
    Trimakasih banyak

  14. Saya sangat tertarik sekali untuk budidaya jamur merang, tempat tinggal saya di Banjarmasin Kalsel, apa bisa yang di tempat tinggal saya di budidayakan jamur merang, dan dimana saya bisa beli bibitnya, bagi teman-teman yang punya informasi tentang budidaya jamur, tolong donk email ke saya : haqaya@yahoo.com, terima kasih.

  15. arigatogozaimas,,,,,,,saya juga sedang mencoba membuat jamur kardus ini mudah-mudahan informasinya bermanfaat buat saya.

  16. saya sedang belajar budidaya jamur merang media kardus.namun sekarang sedang mengalami sedikit kendala.selain yg tumbuh jamur merang disekitar juga tumbuh jamur liar, bentuknya panjang berwarna putih seperti catton but (pembersih telinga).perkembangbiakan jamur liar ini lebih cepat dibandingkan jamur merangnya..Akibat dari apakah itu?Apa yg sebaiknya saya lakukan?

  17. kang saya mau tanya untuk pasteurisasi untuk mensterilkan media dan ruangan dalam kumbung.itu harus 6-8 jm ya?bisa ga 4 jam ja???

  18. saya baru ingin mulai budi daya Jamur Merang. saya mo tanya. bonggol jagung sama sayurnya itu diaduk sama kardusnya atau ditaruh di lapisan atasnya?

  19. saya ingin membudidayakan jamur kardus,kira -kira pemasaran nya susah gak,trus ada penadahnya gak ya pak.?dan berapa harga bibit jamur kardus perbotolnya,? Terimakasih

  20. Sekedar saran, bagi rekan2 yang tertarik memulai budidaya jamur merang baik media kardus atau merang :
    1. Coba cari informasi sedetail mungkin satu persatu, bisa lewat situs atau forum yg bahas budidaya jamur, maupun bertanya langsung pada petani yang telah berpengalaman budidaya jamur merang.

    Hal-hal yg perlu dipahami spt bahan utk media tanam jamur, takaran/ komposisi bahan baku media, proses pencampuran media, peralatan proses kompos, kemudian lokasi kumbung yg ideal, tata letak dan ukuran ruang, bahan baku kumbung, peralatan kumbung, pengaturan suhu dan sirkulasi udara, ukuran dan tata letak rak. Kemudian cara memindahkan media tanam ke rak dalam kumbung, peralatan pasteurisasi/sterilisasi, lama dan proses pasteurisasi, ciri bibit jamur yg baik, kapan bibit ditanam dan bagaimana cara menanamnya. Setelah itu pada saat proses inkubasi bagaimana cara memelihara media dan kumbung sampai media tumbuh miselium. Jangan lupa cari info soal hama atau penyakit beserta cara mengatasinya. Cara memanen jamur yang tepat dan benar, bagaimana mengemas jamur agar tidak cepat busuk. Dan terpenting mau memasarkan hasil panen atau mengolah menjadi makanan yg memiliki nilai harga lebih tinggi.

    2. Bagi pemula sebaiknya dimulai dari skala kecil dulu alias uji coba, jika ada kendala atau masalah jangan malas utk mencari solusinya. Dengan memulai skala kecil kita dapat belajar, jikalau ada kegagalan tidak rugi besar.

    Hal utama yg penting dan harus diperhatikan secara garis besar :
    – kualitas dan komposisi media tanam – pasteurisasi/sterisasi media tanam dan kumbung yg cukup – kualitas bibit dan cara menanam bibit yg benar – perawatan dimasa inkubasi – masa panen – pengemasan dan pemasaran.

    Jika ada yg kurang atau salah mohon koreksi.

  21. saya sangat tertarik untuk usaha ini,bahkan aku sampai ngubek ubek di daerah boyolali yang katanya memproduksi jamur merang media kardus,saya berada di sragen,dimana tempat terdekat untuk melihat langsung yang sudah mencoba,trims.

  22. saya baru saja belajar budidaya jamur merang media kardus.
    dan sekarang jamurnya sudah mulai tumbuh tapi di dalam kumbung saya terdapat banyak sekali lalat
    saya mau tanya dari mana datangnya lalat itu dan mengganggu tidak untuk jamurnya sendiri???
    saya mohon bantuannya kirim ke email saya di Schoot_79@yahoo.com
    atau telfon saya di 081906656320

  23. makasih banyak buat infonya gan
    saya baru saja belajar budidaya jamur merang yan media kardus..
    tapi setelah beberapa ari pembibitan kumbung saya banyak di penuhi lalat
    agar bisa membasmi lalat itu dan tidak berkembang biak saya mesti gimana ya???
    terus saya juga mau tanya bagaimana kalau media di ratakan saja bukan di gunduk???
    dan satu hal lagi jika saya ingin konsultasi via sms dengan anda saya hubungi kemana???
    terimakasih banyak gan
    saya mohon bimbingannya

  24. Saya tampung jamur ada dgn harga 18000rb/kg setorin ke ngawi jatim brapapun jmlhnya ditrima dlm bentuk blencingam awetan trimakasih

  25. informasi ini cukup bagus dan penting apalagi kalau postingannya disertai gb photo/Video tutorial yang lengkap spt : mulai dari detail cara membuat kumbung, perlatan/perlengkapnan/bahan yg diperlukan, proses a sd. z , pemasaran, dst…..(yg bs diunduh gratis) bisa dipastikan bakal membuka lapangan kerja dan usaha baru sehingga dapat membantu pemerintah dalam menekan angka tingkat pengangguran dan kesejahteraan masy di Indonesia.

Leave a Reply

